FaktaAlkitab : Matias, Murid Yesus Yang Diundi

Tuhan Yesus Memberkati

July 2, 2021

Artikel ini dikutip dari Jawaban.com

Puji Astuti
Official Writer

Sewaktu Tuhan Yesus memilih kedua belas murid, nama Matias tidak termasuk di dalamnya. Namun JCers perlu ketahui bahwa sebenarnya Matias sudah menjadi pengikut Kristus sejak awal pelayanan Yesus.

Selama tiga setengah tahun Yesus melayani, Matias selalu bersama dengan Yesus. Bahkan ia juga sudah mengenal dan bergaul erat dengan para rasul lainnya.

Nah kuat dugaan bahwa Matias menjadi salah satu dari tujuh puluh murid atau penginjil yang diutus Yesus dalam Lukas 10:1.

Meskipun tidak dipilih menjadi kedua belas murid yang dipih langsung oleh Yesus, namun pengangkatan Matias sebagai murid diakui oleh rasul-rasul lainnya.

Berikut 6 fakta menarik mengenai Matias?

1. Arti nama Matias

Matias dalam Bahasa Yunani disebut Mattatias (Ματταθίας), yang dipendekan menjadi Mattias (Μαθθίας). Arti nama Matias adalah “Pemberian Allah”. Matias lahir pada abad pertama Masehi di Yudea.

2. Pengganti Rasul Yudas Iskariot

Ketika Yudas mati bunuh diri, para rasul bersepakat untuk memilih orang untuk mengisi tempat Yudas sebagai rasul. Syarat penggantinyanya adalah orang yang sudah mengikut Yesus sejak Yohanes Pembabtis membaptis Yesus, hingga turut menyaksikan kebangkitan dan kenaikan Yesus ke sorga (Kisah Para Rasul 2:21-22). Diantara para murid dan pengikut Yesus ketika itu, ada dua orang yang memenuhi syarat tersebut. Mereka adalah Matias dan Yustus yang disebut Barsabas.

Matias kemudian terpilih menjadi rasul. Sebagaimana rasul atau murid lainnya, Matias juga menerima Roh Kudus pada hari Pentakosta yang dicatat dalam Kisah Para Rasul pasal 2.

3. Proses menjadi murid

Dalam proses pemilihan murid pengganti Yudas, Petrus terlebih dahulu berdiri dan menyatakan bahwa pemazmur Daud tidak hanya menubuatkan mengenai penyimpangan Yudas Iskariot dalam Mazmur 41:9, tetapi juga menulis dalam Mazmur 109:8, yang berbunyi, ”Biarlah jabatannya sebagai pengawas diambil orang lain.”

Oleh karena itu, Petrus mengusulkan kepada kira-kira 120 murid yang berkumpul agar jabatan Rasul Yudas Iskariot yang kosong segera diisi. Yusuf Barsabas dan Matias diajukan sebagai calonnya. Setelah murid-murid berdoa, maka undi pun di lempar, dan Matiaslah yang terpilih. Peristiwa ini terjadi hanya beberapa hari sebelum pencurahan Roh Kudus

 4. Rasul yang di Undi

Ada banyak ayat Alkitab yang menjelaskan tentang membuang undi dalam kaitannya dengan pengambilan sebuah keputusan. Pengambilan undi biasanya berhubungan dengan penetapan sesuatu atau seseorang untuk posisi tertentu. Juga, untuk menentukan langkah atau cara selanjutnya yang akan ditempuh.

Mungkin timbul pertanyaan bagi kita:

Apakah cara seperti itu diperkenankan oleh Tuhan?

Apakah membuang undi tidak termasuk gambling? atau

Apakah membuang undi masih relevan untuk zaman sekarang?

Kata undi dalam bahas Ibrani yaitu goral, artinya adalah sebuah batu kecil yang digunakan untuk praktek membuang undi. Praktek membuang undi cukup banyak disebutkan dalam Perjanjian Lama. Praktek membuang undi paling sering dilakukan sehubungan dengan pembagian tanah ketika bangsa Israel di bawah kepemimpinan Yosua (dicatat dalam Yos 14-21). Sebelumnya Tuhan juga memerintahkan kepada bangsa Israel untuk membuang undi (Bil 26:55; 33:54; 34:13; 36:2). Tuhan juga mengizinkan bangsa Israel untuk membuang undi untuk mengetahui kehendakNya di dalam hal-hal tertentu (1 Taw 24:5, 31). Selain itu berbagai tugas dan pelayan di Bait Allah pun ditentukan dengan cara membuang undi (1 Taw 25:8-9; 26:13-14). Kisah lain yang menarik dalam kaitannya dengan membuang undi adalah kisah Yunus (Yun 1:7). Dalam perjanjian Baru membuang undi terlihat di dalam pemilihan rasul Matias sebagai rasul pengganti Yudas (Kis 1:26).

Dalam Amsal 16:33 menjelaskan bahwa Tuhan turut terlibat di dalam keputusan yang diambil oleh umatNya dengan cara membuang undi. Dengan menggunakan undian, maka jelas bahwa ia adalah pilihan Allah.

Pemilihan Matias menjadi rasul adalah peristiwa terakhir yang dicatat dalam Alkitab mengenai pengambilan keputusan dengan cara diundi.

5. Lokasi Pelayanan Matias

Alkitab memang tidak menceritakan secara khusus kiprah Rasul Matias. Yang jelas, ia masih bersama dengan para rasul dari masa Pentakosta hingga sampai penganiayaan di Yerusalem.

Menurut tradisi gereja Yunani, lokasi pelayanan Matias mencapai wilayah Kapadokia hingga dekat ke Danau Kaspia.

Tradisi lain mengatakan bahwa Matias memberitakan Injil kepada orang-orang kanibal di Mesopotamia

Sementara itu, menurut sejarahwan gereja Nicheporus, Matias, menyebarkan Injil di wilayah Yudea, kemudian ke wilayah yang kini menjadi wilayah bagian dari negara Georgia.

6. Kematian Matias

Sebuah tradisi mengatakan bahwa Matias dilempari batu sampai mati oleh orang Yahudi.

Sumber lainnya juga mengatakan bahwa Matias menjadi martir di tahun 80 Masehi di Colchis yang saat ini dikenal sebagai negara Georgia.

Bagaimanapun juga, kita tidak memiliki bukti yang cukup kuat untuk mendukung salah satu dari cerita ini. Akan tetapi karya dan pelayanan Matias tentunya tidak diragukan lagi dalam pelayanan misi para rasul.

Nah itulah 6 Fakta Alkitab mengenai Matias, kesetiaannya mengikut Yesus membawanya terpilih menjadi salah satu dari 12 rasul yang menjadi soko guru gereja mula-mula dan juga pemberita Injil Kristus.

Itulah Fakta Alkitab kali ini, kalau kamu mau menonton video-video inspiratif dan membangun lainnya, yuk kunjungi dan Subscribe JC Channel di link YouTube ini. God bless you!

 

Sumber : JC CHANNEL

https://www.jawaban.com/read/article/id/2020/05/19/518/200519155149/_faktaalkitab_matiasmurid_yesus_yang_diundi

Betel, Tempat Suci Yang Kehilangan Kemuliaan

Betel, Tempat Suci Yang Kehilangan Kemuliaan

Tahukah Anda bahwa Kota Betel pernah menduduki posisi penting sebagai pusat peribadatan dan politik, seperti Yerusalem. Namun mengapa Betel ditinggalkan, bahkan di Perjanjian Baru kita tidak menemukan tempat ini disebut? Mari simak Fakta Alkitab kali ini. Lokasi Betel...

Pembagian Tugas Orang Lewi di Bait Suci menurut 1 Tawarikh 23

Pembagian Tugas Orang Lewi di Bait Suci menurut 1 Tawarikh 23

Kitab 1 Tawarikh merupakan salah satu dari dua kitab dalam Alkitab yang menceritakan sejarah bangsa Israel dari zaman raja Daud sampai zaman pembuangan ke Babel. Kitab ini memuat sejumlah daftar silsilah, termasuk daftar para imam dan orang Lewi yang bertugas di Bait...

FaktaAlkitab – Yeremia, Nabi Yang Menangis

FaktaAlkitab – Yeremia, Nabi Yang Menangis

Artikel ini dikutip dari Jawaban.com Puji AstutiOfficial Writer Nabi Yeremia adalah salah satu nabi perjanjian lama yang berkarya sebelum bangsa Israel atau Kerajaan Yehuda ditaklukkan dan penduduknya dibuang ke Babel. Dalam Alkitab, namanya disebut sebanyak 134 kali...

FaktaAlkitab Tentang Makanan Haram

FaktaAlkitab Tentang Makanan Haram

Artikel ini dikutip dari Jawaban.com Claudia JessicaOfficial Writer Tahukah Anda kalau agama Kristen punya daftar makanan haram atau makanan yang tidak boleh dikonsumsi? Namun seiring berjalannya waktu, sebagian besar orang Kristen terkesan mengabaikan hal tersebut....

FaktaAlkitab – Ini Lokasi Daniel Dikuburkan?

FaktaAlkitab – Ini Lokasi Daniel Dikuburkan?

Artikel ini dikutip dari Jawaban.com Puji AstutiOfficial Writer Fakta Alkitab kali ini akan membahas tentang sosok Daniel. Sejak sekolah minggu, kisah Daniel di Goa Singa sering diceritakan, menggambarkan bagaimana imannya tidak tergoyahkan walau nyawanya terancam....

Fakta Akitab Lainnya

Pembagian Tugas Orang Lewi di Bait Suci menurut 1 Tawarikh 23

Pembagian Tugas Orang Lewi di Bait Suci menurut 1 Tawarikh 23

Kitab 1 Tawarikh merupakan salah satu dari dua kitab dalam Alkitab yang menceritakan sejarah bangsa Israel dari zaman raja Daud sampai zaman pembuangan ke Babel. Kitab ini memuat sejumlah daftar silsilah, termasuk daftar para imam dan orang Lewi yang bertugas di Bait...

Tetap update dengan kami 

Suka Menulis

Ingin melayani dengan tulisan, klik link dibawah ini untuk bertanya

Follow Us

Berikut link sosial media kami