AYAT ALKITAB

Lukas 6:37-38

6:37 “Janganlah kamu menghakimi 1 , maka kamupun tidak akan dihakimi. m  Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. n  6:38 Berilah 2  dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. o  Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu

Tema: Make Sukat-Sukat Si Mehuli

Dalam pembahasan kali ini, di beritahu kepada kita apa-apa saja yang  harus dilakukan selaku orang percaya Kepada Tuhan Yesus:

  1. Jangan menghakimi orang lain, suaya kamu juga tidak di hakimi Tuhan

Orang Kristen harus memandang positif orang lain. Jika terdapat kesalahan janganlah kita menghakimi nya. Setiap orang ada kekurangannya. Disini kita harus bijak dan sabar dan meminta kekuatan kepada Tuhan untuk menegur orang orang yang kita anggap salah. Sapa tau Tuhan yang menegur kita karena kita yang salah.

  • Jangan menghukum orang lain, agar kamu tidak di hukum Tuhan.

Saat kita menghukum seseorang yang salah, maka disitu tidak ada kasih.

  • Ampunilah orang lain, maka kamu akan di ampuni.

Tuhan Lebih dulu mengampuni kita, bayangkan kesalahan kita pribadi yang orang lain tidak tahu tapi itu sebenarnya sudah ditebus. Masak kita ga mau mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

  • Berikan, maka kamu akan di beri

Bentuk kasih yang diajarkan Tuhan salah satunya adalah memberi, memberikan pertolongan, materi, dukungan doa. Dan itu akan diukur sesuai dengaa takaran yang baik menurut firman Tuhan

Hal tadi merupakan ukuran hal yang harus kita kerjakan selaku orang percaya sehingga Tuhan dapat mengukur apa yang harus Tuhan berikan atau perbuat terhadap kita.