PMI Palang Merah Indonesia Kecamatan Medan Johor menggelar aksi donor darah di halaman depan Gereja GBKP Km.8 pada Sabtu, 15 April 2023. Acara ini merupakan program dari aksi Paskah 2023 GBKP Runggun km.8 dengan Koordinator aksi sosial Ridchat Sembiring S.S Sekaligus Pengurus harian PMI Johor yang berhasil menarik perhatian warga sekitar terutama jemaat GBKP Km.8 itu sendiri.

Meskipun peserta yang mendaftar mencapai 54 orang, hanya 32 peserta yang diperbolehkan untuk melakukan donor darah. Sebanyak 22 peserta tidak diperbolehkan karena kondisi Hb dan tensi yang tidak memenuhi syarat. Oleh karena itu, Ketua PMI Medan Johor, Andres Piter Ginting, memberikan saran agar para peserta sarapan dan istirahat cukup atau tidak minum obat 3 hari terakhir sebelum melakukan donor darah.

Menyumbangkan darah memiliki dampak positif bagi tubuh. Darah lama akan dikeluarkan dan digantikan dengan darah baru yang diproduksi tubuh, dan yang lebih penting adalah kita dapat menolong orang yang sangat membutuhkan, terutama yang sedang mengalami kondisi kritis. Menurut salah satu jemaat yang tidak ingin disebutkan namanya, proses donor darah hanya menimbulkan rasa perasaan takut saja, saat jarum masuk ke tubuh rasanya hanya seperti digigit semut. Setelah itu, peserta tinggal rebahan sebentar dan selesai, tanpa rasa sakit.

Ketua Paskah, Eko K. Sitepu berharap agar masyarakat lebih berpartisipasi dalam setiap kegiatan Paskah, terutama dalam aksi donor darah. Menyumbang darah sama dengan memberikan kasih, dan aksi donor darah ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap 2 tahun sekali.

PMI Kecamatan Medan Johor memiliki sekretariat di Jalan Karya Cipta No. 16 dan dapat dihubungi melalui kontak person 085262684810. Semoga dengan aksi donor darah ini, dapat membantu banyak orang yang membutuhkan dan semakin memperkuat rasa persaudaraan di antara masyarakat.