Hidup yang diberkati adalah hidup yang semakin bertumbuh dalam Tuhan, berkat Tuhan bukan hanya karena ada atau tidaknya materi yang ada dalam kehidupan, tetapi juga ketika kehidupan semakin bertumbuh, makin kuat, makin berbuah dan memuliakan Tuhan. Berkat adalah ketika kita bisa menghadapi masalah itu dengan baik, berkat adalah ketika kita bisa bertumbuh jadi lebih baik, lebih kuat, maju dan berbuah, hidup yang diberkati oleh Tuhan bukanlah hidup yang bebas dari masalah, melainkan hidup yang bisa melihat berkat Tuhan dibalik setiap masalah.

Ketika berkat Tuhan seakan akan lenyap ditelan pergumulan, Tuhan tetap menaruh perhatian, hanya karena waktu-Nya yang tidak sesuai harapan, bukan berarti Tuhan meninggalkan. Kemampuan untuk tetap tenang meskipun pergumulan terus datang merupakan bagian dari berkat Tuhan, bangkitkan iman dengan mempercayai pertolongan Tuhan yang pasti akan hadir tepat pada waktu yang sudah ditentukan, itulah berkat paling luar biasa bagi kehidupan.

“Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan,….., namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. ALLAH Tuhanku itu kekuatanku:…..”
( Habakuk 3:17-19 )